Hikmah Puasa Bagi Kesehatan



Ibadah puasa merupakan ibadah yang spesial, alasannya ialah puasa merupakan ibadah langsung atau personal yang tidak terlihat oleh orang lain, sehingga tidak banyak berpotensi mengakibatkan riya’ dalam beribadah. Puasa ialah ibadah belakang layar antara Allah dan hamba-Nya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. :

الصَّوْمُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ

Puasa diperuntukkan untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberi pahala puasanya (tanpa batasan jumlah pahala).” (HR. Tirmidzi)



Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui rahasia-rahasia yang terkandung dalam ibadah puasa. Di antara ilmuwan-ilmuwan yang melaksanakan penelitian wacana puasa ialah sebagai berikut :

Beberapa ilmuwan telah memberikan komentarnya wacana ibadah puasa. Allan Cott, dalam bukunya Fasting as a Way of Life, menyampaikan bahwa puasa sanggup menunjukkan istirahat fisiologis bagi sistem pencernaan dan sistem saraf sentra serta menormalisasi metabolisme tubuh.

Mc Fadon, spesialis kesehatan Amerika, menyampaikan bahwa setiap orang perlu berpuasa. Sebab, bila tidak berpuasa maka ia akan sakit dikarenakan racun masakan berkumpul dalam tubuh. Puasa akan menurunkan berat tubuh dan racun-racun dalam tubuh akan terurai dan keluar, sehingga tubuh menjadi higienis secara sempurna.

Alex Carell, salah seorang pemenang nobel bidang kesehatan, menyatakan bahwa puasa benar-benar membersihkan dan mengganti jaringan tubuh. Banyaknya porsi masakan sanggup melemahkan fungsi organ, dan itu merupakan faktor yang besar bagi berdiamnya jenis-jenis bakteri dalam tubuh. Sedangkan, solusinya ialah dengan mengurangi porsi makan sehingga organ-organ tubuh sanggup mengeluarkan zat, khususnya untuk mempertahankan keseimbangan internal dan kesehatan jantung.

Masih banyak lagi ahli-ahli yang menyatakan wacana manfaat ibadah puasa bagi kesehatan. Salah satu yang menarik ialah pernyataan yang disampaikan oleh seorang ilmuwan Rusia, Prof. Nicko Lev dalam bukunya Hungry for Healthy. Ia menyatakan bahwa setiap orang harus berpuasa dengan menahan makan selama 4 ahad dalam setiap tahun, biar ia memperoleh kesehatan yang tepat sepanjang hidupnya. Ini artinya, pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadhan merupakan aktivitas yang sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan tubuh.

Rasulullah saw. pernah bersabda wacana manfaat puasa bagi kesehatan :

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

Berpuasalah kalian, pasti kalian akan sehat.” (HR. Thabrani)

Dari keterangan-keterangan diatas, sanggup disimpulkan bahwa pernyataan Rasulullah saw. wacana pesan yang tersirat ibadah puasa bagi kesehatan merupakan salah satu mukjizat besar bagi kebenaran sabdanya. Sebelum para ilmuwan menemukan rahasia-rahasia wacana manfaat ibadah puasa, Rasulullah saw. sudah menyatakannya jauh sebelum para ilmuwan menemukan hasil penelitiannya.

Wallahu A’lam


Sumber : Islam Itu Sangat Ilmiah

Baca Juga :
Hikmah Wudhu Bagi Kesehatan
Hikmah Gerakan Shalat Bagi Kesehatan
Hikmah Membaca Al-Qur’an Bagi Kesehatan
Hikmah Memaafkan Bagi Kesehatan


Comments

Popular posts from this blog

Kyai Ageng Haji Muhammad Ulinnuha Arwani

Pesan Hikmah

Pesan Kh. Arwani Amin (Mbah Arwani Kudus)