Manfaat Ilmu Agama



إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يُعْطِي الدُّنْيَا مَنْ يُحِبُّ وَمَنْ لَا يُحِبُّ وَلَا يُعْطِي الدِّيْنَ إِلَّا لِمَنْ أَحَبَّ فَمَنْ أَعْطَاهُ اللهُ الدِّيْنَ فَقَدْ أَحَبَّهُ

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menunjukkan dunia (rezeki) kepada orang yang Dia cintai maupun yang tidak Dia cintai. Sedangkan Dia menunjukkan agama (ilmu agama) hanya kepada orang yang Dia cintai, maka barangsiapa yang diberi agama (ilmu agama) oleh Allah, maka Dia telah mencintainya.” (HR. Ahmad)

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ

"Barangsiapa yang Allah kehendaki menjadi orang yang baik, maka Allah akan pahamkan beliau dalam problem (ilmu) agama. ” (HR. Bukhari dan Muslim)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَطْلُبُ فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالْحِيْتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

"Barangsiapa meniti jalan untuk menuntut ilmu (agama), maka Allah akan memudahkan jalannya menuju ke surga. Sungguh, para malaikat merendahkan sayapnya lantaran ridha kepada penuntut ilmu (agama). Orang yang bakir akan dimintakan ampunan oleh penduduk langit dan bumi sampai ikan yang ada di dasar laut. Keutamaan orang ‘alim (ulama) dibanding jago ibadah menyerupai keutamaan rembulan pada malam purnama atas seluruh bintang. Para ulama yakni pewaris para nabi, dan para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu (agama). Barangsiapa mengambilnya maka beliau telah mengambil bab yang banyak." (HR. Bukhari dan Muslim)

Wallahu A’lam

Oleh : Saifurroyya
Sumber : Lidwa Pustaka

Kunjungi :

Comments

Popular posts from this blog

Kyai Ageng Haji Muhammad Ulinnuha Arwani

Pesan Hikmah

Pesan Kh. Arwani Amin (Mbah Arwani Kudus)