Selamat Jalan Bulan Ramadhan…



Tak terasa, beberapa hari lagi kita akan meninggalkan bulan suci Ramadhan. Bulan penuh pahala akan lewat begitu saja manakala kita tidak dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan yang tinggal beberapa hari ini. Ramadhan merupakan kesempatan terbaik bagi umat Rasulullah saw. untuk berlomba-lomba meraih rahmat, maghfirah dan pembebasan dari neraka. Di bulan inilah Allah memperlihatkan bonus besar bagi hamba-Nya yang mau meningkatkan ibadah dan amaliahnya. Bonus besar yang Allah berikan kepada kita yaitu dilipatkannya pahala amal dan ibadah, perkara mubah diberi pahala sunnah, ibadah sunnah diberi pahala ibadah wajib  dan ibadah wajib diberi pahala 70 kali lipat serta bonus besar berupa lailatul qadar. Semua itu, Allah berikan hanya kepada umat Nabi Muhammad saw. Sungguh, keberuntungan tersendiri bagi umat ini. Sebab, dalam salah satu kitab dijelaskan:
Nabi Musa as. pernah bermunajat kepada Allah, “Ya Rabb, ratusan tahun saya dan kaumku beribadah dan mengabdi kepada-Mu. Setiap yang saya mintakan untuk kaumku Engkau berikan dan setiap kesulitan yang menimpa kaumku Engkau mudahkan. Sungguh, keistimewaan yang besar yang Engkau berikan kepadaku dan kaumku. Apakah ada yang lebih istimewa dari yang Engkau berikan ini, Ya Rabb?”.
Allah swt. menjawab munajat Nabi Musa as. itu, “Ada, Ya Musa, suatu dikala nanti akan ada satu kaum yang Aku berikan keistimewaan yang melebihi seluruh keistimewaan yang Aku berikan kepada kaum-kaum sebelumnya. Dalam hari-harinya Aku berikan kemuliaan, setiap pahala akan Aku lipatgandakan, pintu nirwana akan Aku buka, pintu neraka akan Aku tutup dan setan-setan akan Aku belenggu serta yang lebih istimewa lagi, di dalamnya akan ada satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan, dikala itulah ribuan malaikat-malaikat-Ku akan turun ke bumi. Barangsiapa yang meminta ampun akan Aku ampuni, barangsiapa yang minta kebutuhan akan Aku turuti, barangsiapa yang bertaubat akan Aku terima dan barangsiapa yang berdoa akan Aku kabulkan. Dan umat yang diberikan bulan dan malam itu yaitu umat Nabi Muhammad saw.
Nabi Musa as. berkata “Sungguh beruntung umat Nabi Muhammad saw. yang mendapat keistimewaan bulan dan malam itu dalam keadaan beribadah kepada-Nya dan dapat memanfaatkannya dengan baik”.
Kini, bulan Ramadhan hampir meninggalkan kita. Bulan yang paling mulia diantara bulan-bulan lainnya. Dalam sejarah, Rasulullah saw. dan orang-orang sholih akan merasa duka apabila bulan Ramadhan akan pergi. Sebab, dalam bulan Ramadhan-lah mereka lebih mencicipi kedekatan dengan Rabb-nya dalam ibadah maupun membaca Kalam-Nya. Maka, manfaatkanlah sisa-sisa bulan ini dengan baik semoga kita mendapat kemuliaan dan keistimewaan yang dimiliki bulan ini dengan amaliah dan ibadah untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya.
Sebelum meninggalkan bulan berkat ini, haturkan maaf dan khilaf dari kami apabila dalam setiap kesempatan, kami melaksanakan salah dan khilaf dengan disengaja maupun tidak disengaja, kami mohon beribu maaf kepada kalian semua. Mudahan-mudahan, Allah swt. senantiasa memuliakan kita semua dengan karena kemuliaan bulan Ramadhan dan mengampuni dosa-dosa kita semua dengan karena saling memaafkan diantara kita serta mensucikan diri kita semua dengan karena kesucian niat kita. Amin Ya Mujibassailin…

Wallahu A’lamu bi Muradih


Ya Ramadhan…
Beberapa hari lagi engkau akan pergi
Engkau tinggalkan aroma bacin nan suci
Hari-harinya engkau penuhi dengan pahala
Untuk hamba-hamba yang beribadah kepada-Nya
Kini, engkau akan pergi dan akan kembali
Mudah-mudahan lain kesempatan kami akan menemui
Hanya kepada-Nya kami mohon dan berserah diri

Ya Rabb…
Ampunilah dosa-dosa kami
Mudahkanlah urusan-urusan kami
Sucikanlah hati kami
Bersihkanlah diri kami
Hanya kepada-Mu kami berserah diri
Dan hanya kepada-Mu kami mohon di hari fitri

Saudara Kami …
Di hari yang fitri ini
Maafkan segala salah dan khilaf dari kami
Sucikan diri dan hati ini
Dengan saling maaf dan menahan diri
Dari dosa maupun dengki
Agar kita menjadi hamba yang kembali suci
Seperti bayi yang masih fitri


تقبّل الله منّا ومنكم من العائدين والفائزين كلّ عام وانتم بخير ...آمين يا مجيب السّائلين


al-Faqier ila Rahmati Rabbih
Saifurroyya
27 Ramadhan 1435 H, Kaliwungu Kota Santri


Comments

Popular posts from this blog

Kyai Ageng Haji Muhammad Ulinnuha Arwani

Pesan Hikmah

Pesan Kh. Arwani Amin (Mbah Arwani Kudus)