Marhaban Ya Ramadhan…


Tak terasa, kurang dari seminggu lagi kita akan memasuki bulan pahala yang penuh pahala. Di bulan Ramadhan kali ini mungkin ada yang berbeda. Karena, Ramadhan tahun ini rakyat Indonesia akan menentukan pemimpin untuk 5 tahun ke depan. Saya teringat wacana sejarah kemerdekaan Indonesia yang juga jatuh pada bulan Ramadhan. Maka, sudah seharusnya kita bersyukur sebagai rakyat Indonesia yang diberikan kemerdekaan oleh Allah pada bulan pahala dan akan menentukan pemimpin juga pada bulan pahala serta masih diberikan kesempatan oleh Allah sanggup berjumpa kembali dengan bulan yang mulia.


Bulan Ramadhan ialah bulan yang lebih mulia daripada bulan-bulan lainnya. Karena di dalamnya terjadi 2 kejadian besar yang tertuang dalam Al-Qur’an dan Hadits. Peristiwa pertama, Al-Qur’an turun pertama kali ke bumi, yakni pada malam 17 Ramadhan sebagaimana pendapat masyhur para ulama. Peristiwa kedua, terjadinya malam “lailatul qadar”, yakni malam yang lebih mulia daripada seribu bulan. Dalam beberapa riwayat, pada malam “lailatul qadar” inilah Al-Qur’an secara utuh (30 juz) turun dari sidratul muntaha menuju langit dunia sebelum turun secara berangsur-angsur ke bumi.


Di samping dua kejadian di atas, Ramadhan ialah bulan diwajibkannya umat Islam untuk melakukan puasa dan disunnahkannya mendirikan shalat tarawih pada malam harinya selama sebulan penuh. Allah swt. telah menetapkan Ramadhan sebagai bulan yang penuh barokah, rahmah dan maghfirah. Hal inilah yang menimbulkan Ramadhan sebagai bulan yang suci dan mulia.


Dalam kitab Durratun Nasihin dijelaskan bahwa Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa yang berbahagia menyambut datangnya bulan Ramadhan, maka diharamkan jasadnya menyentuh api neraka”. Jadi, jelaslah bahwa kemuliaan Ramadhan sangat besar, sampai-sampai sebelum datangnya saja, Allah sudah menunjukkan kabar bangga bagi umat Islam yang merasa senang akan tibanya bulan Ramadhan.


Mudah-mudahan, kita semua sanggup menjadi golongan orang-orang yang merasa senang dengan datangnya bulan Ramadhan dan menjadi golongan orang-orang yang senantiasa kepercayaan dan tulus dalam menjalankan seluruh ibadah di dalam bulan Ramadhan ini. Amiin Ya Robbal Alamin…

Ya Ramadhan…
Kedatanganmu selalu ditunggu
Oleh raga maupun kalbu
Kemuliaanmu akan muncul selalu
Dalam tenang maupun khusyu’

Ya Ramadhan…
Sambutlah kami dalam sucimu
Ajari kami dalam mengisi harimu
Tuntunlah kami dalam malammu
Dan berilah kami keberkahanmu

اَللّهُمَّ باَرِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْناَ رَمَضَانَ

اَللّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Wallahu A’lamu bi Muradih

al-Faqier ila Rahmati Rabbih
Saifurroyya
24-06-14, Kaliwungu Kota Santri


Baca :

Comments

Popular posts from this blog

Kyai Ageng Haji Muhammad Ulinnuha Arwani

Pesan Hikmah

Pesan Kh. Arwani Amin (Mbah Arwani Kudus)